Info

  • Kategori
  • Blog
  • Promo
  • Tips
  • Kategori
  • Arsip 

Hindari Penipuan Online Shop dengan 5 Langkah Jitu Berikut Ini

Minggu, 27 Januari 2019

Belanja online telah menjadi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat modern. Dengan kemudahan yang ditawarkan, belanja kini tidak perlu lagi harus keluar rumah. Hanya dengan mengetik nama barang di kolom pencarian yang ada di internet, kamu sudah bisa menemukan barang yang kamu cari dengan cepat.

Sayangnya, meski membawa dampak positif,  jual beli online juga memiliki dampak negatif yang perlu kamu waspadai. Pasalnya, banyak orang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kesempatan ini untuk meraup untung dengan cara yang tidak benar, yaitu dengan melakukan penipuan berkedok jualan online.

Oleh sebab itu, bersikap waspada dan selektif sangat penting saat berbelanja online. Agar kamu tidak menjadi korban, hindari penipuan online shop dengan 5 langkah jitu berikut ini.

1. Jangan Mudah Tergiur dengan Harga yang Murah

Salah satu strategi yang digunakan penipu untuk memancing para korban adalah dengan mamatok harga yang murah. Meski nggak perlu mahal, kamu jangan mudah tergiur dengan barang-barang yang ditawarkan dengan harga yang murah. Karenanya, kamu perlu waspada apabila menemukan online shop yang menjual barang dengan harga jauh lebih murah dari pasaran.

Membandingkan harga dengan beberapa toko online yang sudah tepercaya atau website resmi brand bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menghindari penipuan online shop. Sekalipun penjual-penjual online shop berhasil menjerat korbannya, seiring berjalannya waktu kebenaran pasti terungkap.

2. Jangan Langsung Percaya dengan Testimoni Pembeli

Testimoni pembeli memang bisa menjadi salah satu pertimbangan saat berbelanja online. Namun, sebaiknya jangan langsung mempercayai hal tersebut karena bisa saja penjual mencantumkan testimoni palsu untuk mengelabuhi para korban.

Berhati-hatilah apabila kamu ingin berbelanja di online shop yang terbilang masih baru dan review-review yang ditampilkan terlihat “memaksa.” Agar terhindar dari penipuan online shop, lebih baik belilah barang di toko yang sudah kamu kenal dan terbukti tepercaya. Atau, minta rekomendasi dari teman atau saudara terkait toko-toko mana saja yang menurut mereka jujur dan memuaskan.

3. Periksa Foto dan Deskripsi Produk dengan Detail

Ada banyak trik yang digunakan penipu untuk mengambil keuntungan dari korbannya, salah satunya adalah dengan mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan yang dibeli. Bahkan, pada beberapa kasus ada juga penipu yang hanya mengirimkan kardus kosong.

Untuk menghindari hal tersebut, periksa lebih detail gambar barang yang akan kamu beli karena bisa saja penjual mengambil foto dari internet atau toko online lainnya. Kamu juga bisa meminta penjual mengirimkan gambar asli untuk memastikan penjual benar-benar memiliki barang tersebut.

Tak hanya itu saja, deskripsi produk juga wajib kamu baca dengan baik untuk menghindari penjual yang tidak jujur. Seperti kasus beberapa waktu lalu, ada seorang pembeli di marketplace yang tertipu saat membeli hard disk di salah satu penjual karena dia hanya mendapat gambar hard disk eksternal berkapasitas 1 TB. Namun ketika dilihat, ternyata dalam deskripsi produk penjual memang menulis “hanya gambar saja.” So, be smart buyer, ya!

4. Pilih Kurir yang Tepercaya

Memilih kurir yang tepercaya juga penting untuk menghindari penipuan online shop. Selain itu, hal ini juga akan menjaga barang yang kamu beli dari risiko rusak atau hilang selama proses pengiriman.

Dalam hal ini, Wahana Express hadir sebagai jasa pengiriman yang siap mengantarkan barang pesananmu dengan aman sampai tujuan. Dengan proses pengiriman yang berkualitas dan bisa dilacak langsung lewat situs atau aplikasi Wahana, kamu pun tidak perlu khawatir dengan biaya ongkos kirim karena mengirim barang lewat Wahana Express #NggakPerluMahal!

5. Belanja di Marketplace yang Tepercaya

Tips lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penipuan online shop adalah dengan berbelanja di marketplace yang telah tepercaya. Marketplace biasanya menggunakan rekening bersama untuk menjembatani transaksi antara penjual dan pembeli. Apabila kamu menerima barang yang tidak sesuai, maka kamu bisa mengajukan keberatan dan meminta pengembalian dana.

Itulah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar terhindar dari penipuan online shop. Semoga bermanfaat!

 

Bagikan

Info Terkait

Tips Hidup Hemat dan Bahagia

Tips Hidup Hemat dan Bahagia

Agar hidup lebih bahagia, cobalah menerapkan beberapa tips hidup hemat berikut ini.

Lebih Lanjut
Cara Lacak Paket dari Jasa Pengiriman Wahana Express

Cara Lacak Paket dari Jasa Pengiriman Wahana Express

Lacak paket Wahana Express sangat mudah lho! Bisa lewat aplikasi Android pula. Kirim paket lewat Wahana, #NggakPerluMahal

Lebih Lanjut
Biaya Hidup Mahal? Ikuti Cara Mengatur Pengeluaran Bulanan Berikut Ini

Biaya Hidup Mahal? Ikuti Cara Mengatur Pengeluaran Bulanan Berikut Ini

Sering merasa biaya hidup mahal? Bisa jadi ada yang salah dengan caramu mengatur keuangan. Simak cara mengatur pengeluaran bulanan dengan bijak berikut...

Lebih Lanjut