Info

  • Kategori
  • Blog
  • Promo
  • Tips
  • Kategori
  • Arsip 

Buka Peluang Usaha dengan Menjadi Mitra Agen Wahana

Selasa, 22 Januari 2019

Memasuki tahun 2019, siapa sih di antara kita yang belum pernah berbelanja secara online? Rasanya hampir sebagian besar masyarakat Indonesia di kota-kota besar sudah pernah melakukan belanja online minimal satu kali dalam hidupnya. Ini dikarenakan belanja online menawarkan banyak pilihan, memberikan kemudahan, serta praktis untuk dilakukan. Ditambah lagi kehadiran beragam toko online yang menawarkan jenis produk yang beragam pula.

Lewat belanja online, kamu juga tidak perlu ribet menyambangi toko atau mal untuk membeli barang yang kamu butuhkan. Tinggal melakukan order via laptop atau ponsel pintar, barang akan diantarkan langsung oleh kurir ke tangan kamu. Tingginya aktivitas belanja online juga turut mendongkrak permintaan akan jasa kurir pengiriman yang bisa diandalkan. Untuk belanja online, konsumen lebih meminati jasa kurir pengiriman yang hemat, cepat, dan bersahabat. Sedangkan bagi pemilik toko online, pemilihan kurir bisa didasarkan dari harga, kualitas, serta jarak antara tempat tinggal mereka ke agen kurir terdekat. 

Jika kamu jeli melihat peluang, bisnis kurir atau pengiriman untuk online shop juga tergolong menggiurkan. Apalagi jika kamu sudah memiliki toko online dengan tingkat transaksi pengiriman yang tinggi. Daripada repot membawa banyak paket ke agen pengiriman, mengapa tidak melakukannya dari tempat kamu saja?

Wahana Express kini membuka wadah baru yang menjadikan kamu sebagai perpanjangan tangan dari layanan pengiriman barang melalui Mitra Agen Wahana. Bermitra dengan salah satu perusahaan logistik ternama di Indonesia menjadi pengalaman tersendiri yang bisa kamu jadikan sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Mitra Agen Wahana ditujukan kepada perorangan, korporasi, atau badan usaha lain yang sesuai dengan syarat yang berminat menjadi agen pengiriman Wahana Express. Kamu berpeluang mendapatkan keuntungan yang dihitung dari setiap transaksi yang dilakukan, sehingga bisa menjadi pendapatan tambahan atau bahkan pendapatan utama kamu.

Untuk bisa menjadi Mitra Agen Wahana, kamu bisa melakukan pendaftaran online melalui website wahana.com. Klik bagian "Peluang Bisnis" dan isi formulir info pendaftaran keagenan/kerjasama korporasi secara lengkap dan benar. Kemudian, kamu bisa memilih bagaimana kamu ingin dihubungi oleh pihak Wahana Express, apakah ingin melalui telepon, email, atau aplikasi WhatsApp.

Setelah itu, perhatikan berbagai persyaratan administrasi yang dibutuhkan untuk menjadi Mitra Agen Wahana. Untuk perorangan, calon Mitra Agen Wahana wajib melampirkan fotokopi KTP pemilik agen, fotokopi KTP penanggung jawab agen jika kebetulan berbeda dengan pemilik agen, fotokopi NPWP, dan pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 3 (tiga) lembar. Sedangkan untuk calon Mitra Agen Wahana yang berbadan hukum, wajib melampirkan fotokopi Akte Pendirian Perusahaan, fotokopi Surat Keterangan Domisili Perusahaan, fotokopi Surat Izin Usaha Perusahaan, fotokopi NPWP perusahaan, dan pas foto penanggung jawab ukuran 4x6 sebanyak 3 (tiga lembar).

Calon Mitra Agen Wahana juga wajib melampirkan foto kios atau gerai yang nantinya dijadikan sebagai lokasi agen. Besaran administrasi yang harus dibayarkan juga tergantung dari lokasi tempat dimana calon Mitra Agen Wahana melakukan pengoperasian. Nantinya, pihak Wahana Express akan memberikan neon box, seragam, pengurusan keagenan, dan lain sebagainya untuk keperluan agen. Calon Mitra Agen Wahana juga perlu menandatangani nota kesepahaman (MOU) sebagai perjanjian kerjasama awal yang berlaku selama masa percobaan selama 3 bulan. Setelah masa percobaan lewat, Mitra Agen Wahana menandatangani Kontrak Kerja Sama Keagenan.

Pihak Wahana Express juga akan melakukan riset dan survei untuk menentukan apakah lokasi kios atau gerai yang dijadikan sebagai tempat usaha layak dan memenuhi standar. Jika nantinya lokasi yang dijadikan sebagai tempat usaha tidak sesuai dengan syarat, maka pihak Wahana Express akan mempertimbangkan atau menolak pengajuan keagenan kamu. Umumnya, lokasi yang dijadikan sebagai agen Wahana Express memiliki tempat yang strategis, berukuran minimum 3x3 meter, memiliki lahan parkir yang memadai, serta memiliki fasilitas komunikasi yang baik untuk kebutuhan online system. Selain itu, calon Mitra Agen Wahana juga memiliki sebuah laptop/PC, printer, akses internet, serta setidaknya 1 (satu) buah timbangan manual bertera dengan kapasitas minimum 5 (lima) kilogram dan timbangan manual bertera dengan kapasitas 100 (seratus) kilogram.

Sedangkan untuk syarat Sumber Daya Manusia (SDM), calon Mitra Agen Wahana wajib memiliki minimal 1 (satu) petugas dengan minimal pendidikan setingkat SLTA dan mampu melakukan penjemputan/pick-up kiriman dari pelanggan/pengirim.

Setelah semua disetujui, Mitra Agen Wahana perlu mengikuti pelatihan sistem yang diselenggarakan di kantor pusat Wahana Express. Kamu harus siap untuk berkoordinasi dengan tim Wahana Express bagian sales marketing tentang penjadwalan penjemputan barang.

Tidak sulit, bukan? Untuk bisa menjadi Mitra Agen Wahana, kamu harus mengikuti setiap prosesnya. Dengan begitu, waktu dan tenaga kamu tidak akan terbuang sia-sia. Semoga bermanfaat!

 

Bagikan

Info Terkait

Transformasi Wahana Express untuk Industri Kurir dan Logistik di Indonesia

Transformasi Wahana Express untuk Industri Kurir dan Logistik di Indonesia

Selama 2 dekade beroperasi melayani konsumennya, Wahana Express terus berinovasi dalam memberikan kinerja yang hemat, cepat, dan bersahabat. Wahana Express...

Lebih Lanjut
Solusi Hemat untuk Hidup yang Nggak Perlu Mahal

Solusi Hemat untuk Hidup yang Nggak Perlu Mahal

Perkembangan teknologi bagai dua sisi mata uang. Di satu sisi, teknologi semakin memudahkan hidup kita. Namun jika kita tidak bijak dalam memanfaatkan...

Lebih Lanjut